Langkah Pertama William Tanuwijaya Membuat Tokopedia DImulai Dari Warnet

Siapa yang tidak tahu dengan pemilik salah satu Unicorn di Indonesia?

William Tanuwijaya adalah seorang pengusaha pendiri dari Tokopedia yang saat ini sudah memiliki valuasi lebih dari 100 triliun sehingga membuat Tokopdia berstatus Unicorn dari Indonesia.

Mulai dari perantauan pertamanya untuk melanjutkan pendidikan kuliah di Jakarta membuat seoarang William harus bisa berjuang di perantauan.

William yang saat itu berkuliah di Universitas Bina Nusantara (Binus). Di perkuliahannya tahun kedua orang tua William jatuh sakit, sehingga membuat William mau tidak mau mencari pekerjaan sampingan untuk bisa bertahan hidup dan membiayai kuliahnya.

Menjadi penjaga warnet setiap malam hingga pagi adalah pekerjaan yang selalu dilakukannya setiap hari, sehingga membuatnya sering begadang dan tidak dapat mengikuti perkuliahan karena sering bolos tidak masuk kecuali pada saat ujian pasti akan masuk.

Dari sinilah inspirasi William dimulai untuk bisa membuat Tokopedia. Bekerja menjadi penjaga warnet memberikan banyak kesempatan untuk belajar banyak berbagai hal karena bisa mengakses internet secara gratis.

Setelah lulus kuliah di Binus, William ini melanjutkan karirnya bekerja di berbagai perusahaan. Dan di tahun 2005 William dipercaya untuk menjadi IT & Business Development Manager selama 2 tahun.

Di tahun 2007 ia mulai untuk mengambil tindakan dengan impiannya yaitu untuk membuat Tokopedia berupa Mall Online. Di tahun inilah tantangan yang lebih besar untuk William dimulai. William yang terus menerus mencoba akhirnya bisa mendapatkan modal dari perusahaan tempat kerjanya saat itu bersama temannya Leontinus Alpha Edison.

Saat membangun bisnisnya Tokopedia, ayahnya William divonis kanker hingga akhirnya William menjadi tulang punggung keluarganya. Sebuah tantangan yang berat bagi William saat itu dimana harus menafkahi keluarganya dan juga harus mengembangkan bisnisnya.

Tokopedia sebagai startup jual beli online di Indonesia ini masih membutuhkan modal. William yang terus mencoba ke berbagai orang dan perusahaan untuk mendapatkan modal dengan menawarkan konsepnya, namun terus selalu tidak berhasil banyak yang ditolak karena ide William terlalu tinggi dan tidak masuk akal. Hingga akhirnya di tahun 2009 William bisa mendapatkan modal dan mulai meresmikan kehadiran Tokopedia sebagai platform jual beli online di Indonesia. Di bulan pertamanya saja saat itu hanya baru 500an merchants dan 4000 lebih member yang sudah mulai menggunakan Tokopedia. Di bulan pertama ini juga Tokopedia mencatatkan transaksi pertamanya hanya mencapai 33 juta saja.

Tokopedia tiap tahunnya terus dikembangkan agar misi pemerataan ekonomi melalui teknologi bisa diterapkan sehingga bisa membantu lebih banyak orang lagi terbantu meningkatkan kesejahteraannya melalui Tokopeda.

Hingga pada akhirnya Tokopedia saat ini sudah menjadi Unicorn dari Indonesia, memberikan dampak positif bagi semua orang di Indonesia bisa meningkatkan taraf ekonomi dan mempermudah semua orang bisa memenuhi kebutuhannya melalui Tokopedia.

Tokopedia menjadi salah satu Unicorn di Indonesia membuktikan bahwa banyak penjual dan pembeli sangat merasakan dampak positif dengan adanya Tokopedia. Di tahun ini saja pasti sudah ada jutaan merchant yang bergabung seperti salah satunya DreamPlanner juga menggunakan Tokopedia. Pembeli di Tokopedia pun sangat banyak sekali karena merasa mudah mendapatkan produk kebutuhannya seperti salah satunya DreamPlanner juga menjadi kebutuhan di setiap tahunnya untuk orang-orang yang ingin membuat perencanaan dengan lebih terarah lagi.

Leave a Reply

[sibwp_form id=1]